Review Koneksi GPRS / HSDPA yang paling bagus ?

Setelah 1 tahun mengamati dan mencoba beberapa Internet Service Provider (ISP) yang menyediakan paket HSDPA, saya ingin membagi pengalaman mengenai provider2 tersebut :
1. Telkomsel Flash : Penyedia internet berbasis mobile pertama dengan koneksi yang cukup mengagumkan, dan kecepatannya bisa mencapai 2 mbps dan download maksimal sampai dengan 400 KBps. Waktu pertama kali muncul, download file2 bergiga giga tidak menjadi masalah :) namun dengan harga yang dibandrol cukup tinggi yaitu sekitar 100 ribu/ 24 jam.. bagi saya dulu sebagai pekerja kantoran koneksi ini saja sudah cukup karena setelah dihitung hitung :
100 ribu/24 jam jika dibagi menjadi 6 hari maka dalam waktu 1 hari saya dapat memakai 4 jam saja. Dikantor biasanya kita memakai internet yang disediakan oleh kantor dan dirumah biasanya Tsel Flash dipakai dari jam 7 malam s/d 11 malam. Maka dalam waktu 1 bulan kita bisa mengeluarkan kocek sebesar 400 ribuan dengan pemakaian bandwidth yang tidak terbatas, tapi dengan perjam.

Sekarang ini Telkomsel Flash mengeluarkan juga paket dengan Volume Based yaitu cukup bayar 400 ribu anda bisa mendapatkan 4 GB perbulan. Murah ? betul .. problem ? betul juga :) di blog saya yang terdahulu ada beberapa orang yang kecewa dengan paket Tsel yang baru ini. Sebaiknya hati2 saja jika anda ingin mencoba paket tersebut, siapa tahu sekarang koneksinya sudah stabil.

2. Indosat 3.5 G : Indosat muncul dengan gebrakan yang luar biasa dalam penjualan paket ini, yaitu dengan kontrak selama 18 bulan dan pembayaran dengan kartu kredit anda bisa membawa pulang modem huawei HSDPA dan biaya berlangganan 380 ribu (termasuk PPN) dan pemakaian bandwidth sebesar 1 GB. Karena paket ini terbilang murah dibandingkan dengan berlangganan dialup seperti indosat atau ISP lainnya, banyak teman saya yang mengambil paket ini dan bisa dibilang paket ini adalah paket paling populer karena belum ada ISP lain yang menjual paket seperti ini. Berdasarkan 5 teman saya yang memakai Indosat, mereka bilang koneksinya paling stabil (walaupun ada 1 orang yang bilang kurang stabil di daerahnya). Mereka paling komplain cuman satu, bahwa karena saking koneksi internetnya terlalu cepat mereka kadang2 pemakaiannya bablas menjadi 2 GB heheh.. yang mana tagihannya menjadi 2 kali lipat yaitu menjadi 700 ribuan.

Sekarang ini indosat mengeluarkan kartu Prabayar yang perdananya seharga 150 ribu untuk koneksi 3.5 G dan dengan voucher 100 ribu anda bisa mendapatkan quota sebesar 250 MB. Hitungannya sih masih lebih mahal dibandingkan dengan paket 1 GB yang dikeluarkan indosat sebesar 380 ribu. tapi dengan kartu prabayar ini anda tidak harus melakukan kontrak minilai 18 bulan.

3. XL : saya sekarang masih menjadi member ISP ini untuk keperluan internet secara mobile dengan handphone 3G saya. Paket XL ini bandwidth yang bisa dipakai sebesar 1 GB selama 1 bulan dan pembayarannya sebesar 300 ribuan (sudah PPN). Ada beberapa blog diinternet yang mengatakan bahwa koneksinya lelet, tidak stabil dsb. Menurut saya sendiri, XL memang kurang serius dan sepertinya hanya mengikuti tren saja untuk koneksi internet HSDPA secara mobile. Di daerah saya sendiri (Bintaro, Jaksel), koneksinya kadang cepat, kadang down, kadang lelet… saya cuman bisa sabar saja, lagipula kontraknya sudah berjalan selama 7 bulan dan tidak bisa berbuat apa apa lagi. Customer Servicenya pun sering saya telpon ketika ada problem. Ada beberapa situs yang tidak bisa terjangkau oleh ISP ini misalnya situs http://www.friendster.com dan beberapa situs saya yang dihosting di http://www.godaddy.com, setelah kontak dengan tempat hostingnya, mereka mengatakan bahwa harus ada DNS Resolve agar bisa mengakses tempat hostingnya, yang mana XL tidak menyediakan fasilitas tersebut sedangkan ISP lain tidak ada masalah mengenai hal ini..hiks.. yang akhirnya dengan berat hati dan perasaan yang kecewa saya pindah hosting karena menyangkut pekerjaan dan menurut saya PENTING sekali.Intinya : saya minta maaf sebagai pengguna XL yang setia tetapi jika saya bicara jujur, saya tidak menganjurkan anda memakai ISP ini untuk koneksi internet anda.

4. ESIA Wifone untuk Internet : 3 teman saya yang memakai koneksi ini semuanya komplain !! percuma saja jika anda menginvestasikan uang anda jika anda menginginkan wifone memberikan koneksi internet yang stabil dan cepat. Tapi bolehlah jika anda cukup bersabar dengan kecepatan yang pas2an.

Kesimpulan : setelah membandingkan ketiga ISP yang termasuk beberapa GSM Provider TERBESAR di Indonesia, saya lebih memilih INDOSAT 3.5 G karena 2 hal yang paling penting dalam dunia internet yaitu KESTABILAN dan KECEPATAN. 2 orang yang saya kenal freak dan sensitif dengan kestabilan koneksi menganjurkan juga untuk memakai Indosat. Sepertinya saya sudah tidak sabar menunggu kontrak saya dengan XL habis 4 bulan lagi dan langsung daftar ke Indosat. Walaupun Indosat tergolong mahal dibandingkan dengan kelas2 yang setara dengannya, namun jika anda sangat tergantung dengan Internet sebaiknya tidak memilih harga murah yang tidak jelas pelayanan dan komitmen perusahaan tersebut terhadap QUALITY.

About these ads

15 pemikiran pada “Review Koneksi GPRS / HSDPA yang paling bagus ?

  1. axis GSM sekarang sedang promosi, dengan kartu perdana 6.000 s/d 15.000 bisa mendapatkan jatah 100 mb… cukup murah tapi paling hanya buat browsing seminggu dan chating saja.

    sy kemarin baru daftar indosat yg paket eco, dengan koneksi hsdpa, jatah 700 mb/bulan dan harga 180 ribu(sudah ppn).menurut saya itu sudah cukup murah, asal tidak download film dvd saja .. :)

  2. kalo menurut sy memang IM2 paling stabil dan cepat.. ngak pernah ada masalah, sy udah pake 2 bulan, lokasi di Kbn jeruk, Jak-Bar.. selambat-lambatnya ya sekitar 300-400 kbps itu kalo pas malam sabtu ato minggu pas traffic tinggi , kalo pagi lebih cepat lagi bisa 1000-an, cm ya itu harus irit-irit he2x jgn buka2 youtube deh he2x kecuali sekali2.. blm pengen ganti yg laen..,

  3. di daerah jakarta im2 lebih stabil dan cepat. di daerah saya Bintaro jaksel makin lama makin tidak stabil, padahal internet ini penting sekali untuk urusan kerjaan :( disconnect lebih sering dan kecepatannya belum hsdpa.. hiks

  4. Tsel Flash Unlimited cukup lumayan ngacir bow, dah 2 bulan make ini, hanya cukup membayar 125rb/bulan dapet bandwidth 256 kbps, tp setelah pemakaian 3Gb otomatis turun jadi 64 kbps :)

  5. betul sekali bung Nurdiansyah, kemarin coba tsel flash volume based di daerah Bintaro masih lumayan bagus. Lalu siang tadi langsung daftar Kartu Halo agar bisa unlimited internet, sama juga sy ambil yang 125 ribu/bulan untuk testing dulu :)

    Indosat M2 di daerah saya setiap hari dari jam 9 malam s/d jam 12 malam lelet habis !! tapi setelah jam itu kenceng lagi. Customer servicenya juga telponnya gak diangkat angkat, mungkin mereka tahu bahwa memang terjadi pemakaian bandwidth yang besar2an hehe. Daripada bete sendiri ya sudah pindah dulu ke tsel untuk jam2 malam tersebut.

  6. banyak provider menawarkan paket berdasarkan volume pemakaian misalnya 500MB per bulan maksudnya apaan ya? Misalnya saya buka halaman suatu web besarnya 200kb maka paket 500mb saya akan dikurangi 200kb atau ada cara perhitungan lainnya. Sorry bro pertanyaannya basic banget maklum selma ini gue pake internet ktr free jadi nggak perlu pusing2 pikiran biaya nah giliran mau pake buat pribadi mulai deh hitung2anya keluar, ok bro ditunngu ya pencerahannya

  7. Noah: im3 ada yang time based, internet instant dari im2 juga ada yang, daftar produknya silahkan dibaca2 di http://indosatm2.com/index.php/consumer-solution/internet-services/postpaid/internet-instant

    Irfan: betul yang anda maksud, jatah 500 MB anda akan dikurangi sebanyak 200KB. Pada beberapa ISP ada juga yang menyediakan meter mengenai berapa pemakaian internet yang sudah anda pakai. Kalau saya biasanya mengechek pemakaian setiap beberapa hari agar tidak overlimit.

  8. Yup…saya juga pakai Indosat 3.5G Unlimited Rp 100.000.Dengan modem 3G nokia N70lumayan kenceng(Bisa tembus 372 kbps) kalo lagi lemot (30 kbps) biasanya pada jam sibuk dan juga lokasinya.Rencanany mau ganti hp sebagai modem pakai yg sudah HSDPA..mudah2an bisa lebih kuenceng lagi..

  9. sy cuma pake star one yg paket 99 ribu perbulan,,lumayan lah buat broseng sama chating,,,paling tagihan paling banter cuma 125 ribu kon eksinya ok juga untuk daerah bekasi,,,,modem cuma pake hp nokia 6235 ,,,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s